Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Media Promosi Online untuk Bisnis UKM

Mahes.id - Di jaman yang sudah serba digital ini membawa pengaruh yang cukup besar dalam kehidupan manusia. Berbagai kebutuhan dan berbagai aktifitas juga sudah semakin mudah dengan adanya kecanggihan teknologi saat ini. 

Termasuk juga dengan dunia promosi yang dimana cara manual sudah mulai ditinggalkan karena kurang efektif dalam berbagai hal. Nah, maka dari itu anda harus mengetahui tentang apa itu pengertian dan manfaat promosi online

Pengertian Promosi Online

Promosi online adalah kegiatan  pemasaran sebuah produk, entah itu jasa ataupun barang dengan menggunakan media online atau yang berhubungan dengan internet. Promosi sendiri merupakan sebuah cara dalam praktik ekonomi untuk mengenal sebuah produk dalam mencapai keuntungan

Dengan data dan juga fakta, pengguna internet. Khususnya di Indonesia saja sudah merupakan target yang cukup potensial untuk melambungkan bisnis UKM anda. Yang tentunya hal ini adalah menjadi trobosan baru untuk pelaku bisnis digital

Manfaat Promosi Online

Menggunakan promosi online merupakan cara untuk menghemat biaya yang dikeluarkan. Setiap pelaku bisnis tentunya sedang mencari cara tentang pemasaran seperti apa yang lebih efektif dan efisien sekaligus dapat meraup keuntungan sebanyak-banyaknya

Nah, salah satu cara yaitu dengan mengevaluasi pemasaran atau promosi online. Berikut ini adalah beberapa manfaat promosi online yang akan saya bahas :

1. Biaya Pemasaran Lebih Murah

Biaya pemasaran online lebih murah dibandingkan dengan pemasaran offline. Pemasaran online juga bisa anda lakukan dengan cara memajang produk sendiri di blog ataupun website yang anda miliki. Ataupun anda bisa menggunakan media promosi online yang akan saya sebutkan dibawah nantinya

2. Tidak Terbatas Ruang dan Waktu

Internet bisa diakses setiap saatnya. Pelanggan juga bisa mengunjungi situs tempat yang anda gunakan untuk memasarkan sebuah produk ataupun jasa milik anda kapanpun dan dimanapun juga selagi pelanggan tersebut bisa mengakses internet

3. Menjamin Loyalitas Pelanggan

Loyalitas pelanggan lebih dari sekedar menyediakan produk ataupun jasa yang berkualitas saja. Namun, membagikan produk kepada pelanggan juga dapat meningkatkan peluang untuk membangun sebuah merek anda agar terlihat di atas pesaing lainnya

Tidak hanya itu, salah satu cara lain dengan menawarkan produk yang dipersonalisasi untuk menghargai pelanggan yang loyal dari waktu ke waktu, sehingga pembeli akan kembali untuk membeli produk anda

4. Membangun Hubungan

Promosi online juga sangat memungkinkan anda untuk memberikan pengalaman berbelanja yang lebih personal kepada pelanggan untuk membangun reputasi brand ataupun merek anda melalui preferensi pelanggan

Anda juga bisa membuat penawaran mengenai produk yang pelanggan anda sukai dengan cara melacak halaman website dan informasi produk yang pernah pelanggan anda kunjungi sebelumnya

8 Media Promosi Online

Nah, diatas tadi sudah saya bahas pengertian dan manfaat promosi online ya. Sekarang langsung saja masuk ke pembahasan kali ini yakni 8 media promosi online yang paling efektif untuk bisnis UKM :

1. Facebook Ads

Promosi online yang pertama yang harus anda lakukan yakni melalui media sosial, salah satunya Facebook. Mungkin facebook sudah tidak asing lagi di telinga anda bukan?, anda bisa menggunakan Facebook Ads sebagai media promosi online anda untuk memasarkan produk agar berlangsung mulus

Ada banyak hal yang harus anda perhatikan saat anda membuat campaign iklan di Facebook Ads agar saldo yang anda punyai tidak terbuang sia-sia tanpa mendapatkan keuntungan sama sekali. Agar anda bisa mendapatkan keuntungan, ada beberapa cara sukses jualan online di facebook contohnya optimasi pengiriman, tentukan target audience, dan lain sebagainya

2. Instagram Ads

Instagram adalah sosial media yang sangat hits di kalangan andak muda yang kekinian. Hal ini dikarenakan fitur-fitur terbarunya sangat memanjakan penggunanya, salah satunya seperti instatory dengan pilihan beberapa filter instagram, effek, dan juga stiker yang lucu-lucu

Yang tentunya makin banyak orang yang tertarik untuk menggunakan instagram. Nah, karena pengguna instagram semakin banyak. Maka anda bisa memanfaatkannya untuk mempromosikannya menggunakan Instagram Ads

Selain membuat iklan di facebook, di instagram juga anda bisa membuat iklan untuk media promosi yang efektif untuk kelangsungan bisnis UKM anda. Instagram sudah memberi kesempatan kepada pemilik produk untuk mendapatkan pasar dan target audience secara lebih luas melalui kampanye iklan

Agar produk dan jasa anda laku, alangkah baiknya anda membuat promosi yang sangat menarik. Seperti membuat foto yang mengundang daya tarik pelanggan, caption yang lebih lengkap dan juga spesifik, dan lain sebagainya

3. Twitter

Media promosi yang tidak kalah pentingnya yakni Twitter. Platfrom media sosial ini membatasi jumlah 1 tweet dalam beberapa karakter saja. Namun, nyatanya twitter masih ramai digunakan oleh banyak kalangan. Walaupun tidak cocok dijadikan sebagai media untuk berjualan produk, tapi proses pemasaran atau pengenalan brand sangat baik jika anda lakukan di media sosial yang satu ini

Para pelaku usaha bisnis UKM bisa membuat akun yang dikelola dengan baik dengan melakukan tweet tentang brand anda secara rutin. Twitter sendiri juga bisa dijadikan media untuk lebih dekat dengan masyarakat sebagai calon customer dengan merespon segala pertanyaan yang masuk. Jika anda memiliki sedikit uang, maka anda bisa menyewa buzzer untuk meningkatkan promosi anda

4. Menggunakan Google Ads

Dengan memanfaatkan Google Ads, maka situs tersebut bisa berada di bagian paling atas ketika audience mencari kata kunci yang telah anda tergetkan. Pemilik produk yang beriklan di Google Ads juga bisa memunculkan produknya di situs-situs yang sudah bekerja sama dengan Adsense

Yang artinya jika anda memasang iklan di Google Ads maka sangat memungkinkan iklan anda akan tampil di blog saya, youtube, Gmail, dan aplikasi android yang menggunakan Adsense

5. Memasang Banner Ads di Situs Besar

Jika anda ingin mempromosikan bisnis UKM. Anda bisa menggunakan Banner Ads di situs-situs yang sudah besar, yang artinya situs tersebut sudah memiliki banyak traffic perharinya. Pada biasanya situs tersebut akan memasang banner produk anda di bagian situs mereka yang kosong

Untuk memasang banner ads, anda bisa memasang dengan jangka waktu perbulan ataupun pertahun (sesuai dengan badget yang anda punya). 70% orang yang mengunjungi situs tersebut pasti akan melihat banner anda, dan akan mengeklik banner tersebut karena mereka ingin mengetahui tentang produk yang anda twarkan

6. Memanfaatkan SEO

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang tidak boleh disepelekan. Pada biasanya SEO digunakan untuk merebutkan rangking di halaman pertama mesin pencari, salah satunya Google. Hal ini dikarenakan mayoritas pengguna mesin pencari hanya membuka halaman pertama saja dari keseluruhan halaman yang ada 

Jika produk anda berada di halaman pertama mesin pencari, maka anda akan dibanjiri kunjungan oleh orang-orang yang sedang mencari kata kunci tersebut. Yang pastinya ini akan meningkatkan penjualan anda

7. Promosi di Marketplace

Saat ini banyak sekali penjual produk yang sukses sejak kehadirannya marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shoope, Lazada, dan masih banyak lainnya. Produk yang mereka jual banyak sekali mendapatkan konversi positif semenjak ditaruh di marketplace tersebut. Namun tentu saja setiap pasar pasti memiliki competitor

Untuk mengatasi competitor tersebut, anda harus mengeluarkan modal untuk mempromosikan produk anda di marketplace tersebut agar mendapatkan posisi yang bagus dan mendapatkan banyak jangkauan yang luas dan terlihat oleh pengunjung

8. Menyewa Influencer

Saat ini influencer menjadi profesi yang baru. Orang-orang yang memiliki followers yang berperngaruh di media sosial yang banyak disewa untuk mengenalkan produk mereka ke audience dari influencer tersebut

Nah, anda juga bisa menyewa influencer untuk meng-endorse produk anda. Yang terpenting adalah anda sudah memiliki konsep pasar dan influencer tersebut cocok dengan target pasar yang bakal digarap

Itulah beberapa media promosi online yang bisa anda gunakan untuk memasarkan produk anda. Mudah-mudahan dengan apa yang saya tulis diatas mampu memberikan manfaat kepada anda terutama bagi yang sedang ingin mempromosikan produk mereka untuk mendapatkan penjualan yang meningkat. Sekian dan Terimakasih 

Posting Komentar untuk "8 Media Promosi Online untuk Bisnis UKM"