Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Broken Link dan Cara Mengatasinya

Cara cek broken link memang sangat wajib untuk dilakukan, apalagi anda yang sering melakukan link keluar. Kemungkinan link tersebut sudah tidak aktif atau mati, apabila ada link mati. Tentunya ini akan mempengaruhi kualitas kesehatan blog anda sendiri, mungkin banyak juga diantara anda yang tidak menyadarinya.

Untuk mengeceknya sendiri juga cukup mudah kok, Anda tidak perlu mengeceknya satu per satu. Coba anda bayangkan jika artikel anda ribuan, mungkin anda akan malas mengeceknya satu per satu. Saat ini anda hanya cukup menggunakan situs cek broken link yang sudah berada di internet, berbeda dengan Wordpress yang mempunyai plugin tersendiri untuk mengecek link mati. 

Penyebab Link Mati atau Broken Link

Broken link sendiri adalah istilah untuk tautan yang tidak bisa diakses oleh orang lain atau mesin pencari, setiap anda mengunjungi url yang sudah mati. Maka anda akan menemukan halaman khusus seperti “404 Error Page Not Found” atau yang lain sebagainya. Berikut ini adalah penyebab broken link :

  • Kesalahan dalam mengetik URL 
  • Mengganti Domain atau Perubahan Domain
  • Perubahan DNS (Domain Name Server)
  • Artikel Sudah Terhapus
  • Link URL Komentar Mati (Biasanya yang komentar di blog anda pasti akan merubah domain atau yang lain sebagainya)
  • Dan lain sebagainya

Nah, itulah penyebab-penyebab yang sering kali ditemukan saat terjadinya broken link. Untuk mengantisipasinya anda perlu teliti untuk memasukan url yang akan anda pasang di dalam artikel.

Cara Cek Broken Link dan Cara Mengatasinya

Seperti yang sudah saya jelaskan tadi, bahwa untuk mengecek broken link sangatlah mudah. Anda hanya perlu menggunakan situs cek broken link yang ada di internet, Yuk simak ulasannya dibawah ini :

  • Kunjungi situs resmi : https://www.brokenlinkcheck.com/broken-links.php
  • Silahkan masukan URL Blog anda, kemudian masukan juga Security Code, jika sudah semua klik Find Broken Link. Kurang lebih gambarnya seperti dibawah ini


  • Apabila sudah, kemudian tunggu hingga proses pengecekannya selesai. Apabila artikel anda ribuan mungkin akan cukup lama. Jika sudah selesai maka akan muncul list-list broken link yang sudah terdeteksi, biasanya akan muncul Server Response 404. Apabila tidak ada broken link, maka akan muncul seperti gambar dibawah ini


  • Selesai

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Nah, anda hanya perhatikan pada tabel Page Where Found kemudian anda klik url, nantinya anda akan diarahkan ke halaman postingan yang terdapat broken link. Apabila sudah ditemukan, maka anda hapus melalui Postingan Blog anda masing-masing, cukup mudah bukan?.

Demikianlah arikel saya tentang cara cek broken link dan cara mengatasinya, mudah-mudahan dengan adanya artikel kali ini dapat membantu anda untuk mengetahui link mati. Usahakan lakukan cara diatas dengan rutin, biasanya saya melakukan pengecekan setiap 3 hari sekali atau seminggu sekali. Jika tidak sibuk, saya akan mengeceknya setiap hari. Semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "Cara Cek Broken Link dan Cara Mengatasinya"