Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dampak Negatif Terlalu Sering Mengganti Template Blogger

Pada artikel kali ini saya tidak membagikan tutorial, tips, dan sebagainya. Melainkan pada postingan kali ini saya hanya ingin berbagi tentang dampak negatif jika terlalu sering gonta-ganti template blogger. Apabila anda terlalu sering mengganti template blog maka akan sangat berpengaruh terhadap posisi serp di mesin pencari, mengingat google bot selalu merayapi struktur perubahan template xml anda.

Banyak orang yang selalu fokus terhadap tampilan blognya, namun tidak dengan kualitas kontennya. Meski template tersebut sudah bagus dan SEO Friendly, maka kebanyakan orang juga menganggapnya tampilan tersebut sudah membosankan. Mungkin diantara anda juga seperti ini bukan? Jika iya, maka hindari hal-hal ini.

Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa saat ini ada banyak sekali yang hobi mengotak-atik template blog menjadi lebih unik dan berbeda dari yang lainnya, bagaimana tidak. Hal ini dikarenakan saat ini cukup mudah untuk belajar HTML, CSS, dan juga Javascript. Dengan membaca tutorial di google pun anda sudah bisa memahaminya, oleh karena itulah ada banyak sekali yang lebih focus ke tampilan daripada kualitas artikel.

Sebagian orang juga pasti pernah berfikiran seperti ini, megganti template setiap bulan akan membuat pembaca lebih nyaman untuk mengunjungi blog kita. Namun, hal itu salah besar. Karena apabila anda terlalu sering mengganti template blog ada beberapa dampak negatif yang akan menyertai situs anda. Berikut penjelasannya

Dampak Negatif Terlalu Sering Mengganti Template Blog dan Cara Mengatasinya

Tak hanya memberikan dampak negatif nya saja. Namun, saya juga akan memberikan cara mengatasinya agar anda tidak terlalu sering mengganti template blog. Yuk langsung saja simak ulasan yang akan saya berikan dibawah ini.

1. Trafik Blog Menurun

Ketika anda mengganti template blog, maka situs anda akan mengalami penurunan trafik setiap harinya, yang awalnya 1.000/hari pasti akan menjadi 300-400/hari. Hal ini sudah banyak sekali yang membuktikannya, karena saya juga sering melihat postingan di grup facebook yang sering mengalami hal serupa, bahkan situs orang tersebut turun dan tidak naik-naik.

Jika anda mengalami hal seperti ini, cobalah kembalikan lagi ke template sebelumnya. Apabila setelah anda mengganti template, traffic blog anda naik. Maka dapat dipastikan template blog anda yang baru terdapat masalah (biasanya yang mendapatkan banyak masalah di template blog gratisan atau bajakan).

Setelah anda mengganti template blog Google akan merayapi dan men-cache ulang. Sehingga struktur dan metadata di template yang baru akan membuat situs anda kehilangan skor SEO, hal itulah yang menyebabkan trafik turun.

2. Buang Buang Uang

Loh kok membuang-buang uang? Kan banyak template yang gratisan?. Meski di google ada banyak sekali template blogger bajakan, tapi ada banyak sekali template-template tersebut mengalami error. Kan banyak template blogger premium yang memang sudah disediakan gratis oleh pembuat templatenya? Memang saat ini ada banyak sekali yang memberikan template blogger gratis dari developernya.

Namun, kebanyakan template tersebut pasti akan dikurangkan fitur nya dengan versi yang premium. Tak hanya itu, template gratisan tersebut akan sangat jarang sekali mendapatkan update terbaru yang sesuai dengan kaidah SEO.

Oleh sebab itu, belilah Template Blogger Terbaik. Ketika anda sudah membeli template blog yang premium, usahakan jangan pernah mengganti template nya lagi. Fokus saja kepada kualitas artikel yang akan anda buat. Bosan bagi anda, nyaman untuk orang lain. Begitulah kata-kata yang tepat untuk orang yang sering mengganti template.

Coba anda bayangkan, ketika anda terlalu sering mengganti template blog? 1 Template blogger premium saja dihargai Rp 100.00 bahkan 1 Template bisa dihargai Rp 245.000 seperti Template LinkMagz. Ketika anda sering mengganti template pasti anda akan mengeluarkan uang untuk membeli sebuah template.

Lebih baik uangnya untuk membeli kuota, membeli jajan untuk mencari ide artikelšŸ˜, memperpanjang domain, membayar guest post di blog orang lain, dan hal-hal yang bermanfaat pastinya. 

3. Membuang Buang Waktu

Tak hanya membuang-buang uang, Anda juga akan membuang-buang waktu ketika mengganti sebuah template blogger. Mengapa demikian? Karena ada banyak sekali struktur template yang harus anda perbaiki, mulai dari penambahan css yang sudah anda tambahkan sebelumnya, menambahkan widget-widget yang sudah terpasang sebelumnya, menambahkan kode google analytics, menambahkan iklan google adsense, dan banyaklah pokoknyašŸ˜‚.

Lebih baik, waktunya anda gunakan untuk membuat artikel bukan?. Mungkin ada yang sudah janjian untuk malam mingguan bersama doi, eh malah memperbaiki template blog. Seperti yang sudah dikatakan oleh Willian Shakespeare yaitu Manfaatkanlah waktumu sebaik mungkin, jangan lewatkan kesempatan yang ada

4. Membuat Blog Menjadi Berantakan

Tahukah anda jika terlalu sering mengganti template blog akan membuat blog menjadi berantakan? Tentu saja, sesuai pengalaman saya dulu saat baru terjun di dunia blog pada tahun 2019. Saya sering kali mengganti template blog, sehingga saya tidak meyadari ternyata postingan blog yang sudah saya publish menjadi berdempetan, tak ada spasi, dan masih banyak lainnya.

Sehingga saya harus memperbaikinya secara manual seperti menambahkan spasi, merapikan artikel, dan masih banyak yang harus saya perbaiki. Masih ingat jelas pada waktu itu saya memperbaiki banyak sekali artikel, sehingga saya selesaikan dalam kurun waktu 1 hari dan merelakan untuk bergadangšŸ˜”.

Apabila anda menggunakan platform Wordpress mungkin akan parah berantakannya. Karena pada biasanya plugin yang anda gunakan bentrok dengan tema wordpress yang anda gunakan. Namun, cara mengatasinya cukup mudah. Anda hanya perlu menggunakan fitur staging WordPress dan sebagainya, berbeda dengan Blogger yang harus memperbaikinya secara manual tanpa bantuan plugin atau apalah itu

5. Blog Menjadi Tidak Profesional

Usut punya usut, ketika anda terlalu sering mengganti template blog, situs anda akan terlihat tidak professional. Mengapa? Karena anda tidak pernah konsisten untuk menggunakan sebuah template, apabila blogger professional pasti akan tetap menggunakan satu template blog saja karena memiliki khas tersendiri meski template tersebut membeli di developer bukan buatan sendiri.

Ada banyak kok saat ini blogger sukses memiliki ciri khas template nya tersendiri, seperti situs mastimon.com, mastrigus.com, strukturkode.blogspot.com, dan masih banyak lagi. Ketika anda menggunakan template secara konsisten seperti situs yang sudah saya sebutkan. Pasti banyak yang ingin mengikuti gaya template blog yang mirip seperti yang anda kenakan, kalau blog anda sukses ya, kalau enggak ya pasti tidak ada yang mengikutinyašŸ˜†. Mudah-mudahan blog anda sukses!

Akhir Kata

Lalu bagaimana cara mengatasi agar tidak terlalu sering mengganti template blog? Caranya cukup mudah, anda hanya perlu menghilangkan rasa bosan, hilangkan rasa bimbang, dan fokus saja terhadap konten yang akan anda buat. Dengan mengikuti cara tersebut, maka anda tidak akan sering mengganti template blog

Demikianlah artikel yang bisa saya sampaikan seputar dampak negatif terlalu sering mengganti template blog, jika anda menggantinya sekali atau dua kali mungin tak menjadi masalah. Namun, jika anda terlalu sering maka akan terasa dampak-dampak negatif yang sudah saya jelaskan diatas. Sekian dan Terimakasih

Posting Komentar untuk "Dampak Negatif Terlalu Sering Mengganti Template Blogger"