Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Windows 10 Lemot Setelah Update

Ketika anda sudah migrasi dari windows 7/7/8.1 ke Windows 10, pasti anda akan merasakan laptop anda menjadi berat atau lemot. Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa Microsoft selalu rutin melakukan update pada Windows 10, sehingga dengan adanya update maka anda akan bisa menikmati fitur terbaru dan system selalu bekerja secara optimal. Namun, faktanya bahwa Windows 10 setelah di update akan mengalami banyak masalah seperti lemot dan sebagainya.

Mungkin yang menggunakan spesifikasi laptop atau PC yang tinggi tidak berdampak. Namun, banyak yang menggunakan spesifikasi yang minim terkena dampaknya, sehingga banyak dari mereka yang bertanya-tanya. Baik itu bertanya secara langsung kepada teman atau menanyakannya di forum-forum komputer yang ada di social media.

Hal ini mungkin sudah biasa di kalangan yang sudah mengerti teknologi, berbeda halnya yang masih awan di dunia teknologi pasti akan kaget sehingga ia membawanya ke tukang service komputer. Sebenarnya ada beberapa solusi agar Windows 10 anda tidak lemot kok, caranya simak ulasan dibawah ini.

Cara Mengatasi Windows 10 Lemot 

Daripada anda membawa ke tukang service atau membayar orang, alangkah baiknya anda mengikuti langkah-langkah dibawah ini. Caranya cukup mudah kok, Anda hanya perlu membaca secara teliti lalu mempraktekkannya.

1. Uninstall Aplikasi Tidak Berguna

Setiap system operasi pasti akan memberikan banyak sekali apliaksi yang sudah terinstall dan sudah siap digunakan. Namun, banyak dari aplikasi tersebut tidak berguna atau bahkan tidak pernah anda gunakan sama sekali. Nah, untuk mengatasi windows 10 yang lemot maka anda wajib meng-uninstall aplikasi yang tidak berguna, mungkin hal ini juga bisa menjadi penyebab utamanya.

2. Maksimalkan Fitur Windows Troubleshooter

Banyak yang tidak menyadari bahwa fitur Windows Troubleshooter bisa mengatasi kinerja windows yang kurang maksimal. Untuk menggunakan fitur yang satu ini juga cukup mudah, Anda hanya perlu mencarinya dengan mengetikan “troubleshooting” di pencarian software atau aplikasi. Apabila sudah anda temukan, lalu pilih icon Troubleshooting Control Panel.

Langkah selanjutnya klik Run Maintenance Task yang berada di bagian bawah System and Security. Nah, nanti akan muncul Pop Up “Troubleshoot and Help Prevent Computer Problems” lalu klik saja Next dan secara otomatis system akan bekerja.

3. Nonaktifkan Fitur Efek

Ketika anda sudah update Windows 10, pasti anda akan menemukan fitur efek di bagian background. Contoh dari fitur tersebut seperti efek shadow, animasi, dan masih banyak efek lainnya yang bisa mempercantik tampilan visual pada background.

Mungkin jika anda menggunakannya pada spesifikasi laptop atau PC yang mumpuni, fitur ini tidak menjadi masalah. Namun, ketika anda menggunakan pada spesifikasi yang minimum, maka anda akan mengalami masalah seperti laptop menjadi lemot karena banyak memakan RAM, dan sebagainya.

Agar hal itu tidak terjadi, alangkah baiknya anda nonaktifkan saja fitur efek tersebut untuk memaksimalkan kinerja system operasi anda. 

4. Matikan Aplikasi yang Berjalan Pada Background

Ketika anda melakukan sebuah update windows maka akan muncul beberapa aplikasi yang berjalan pada background tanpa anda ketahui. Dengan begitu, kinerja RAM anda pasti akan menjadi terbebani karena aplikasi yang berjalan tersebut.

Alangkah baiknya anda matikan saja aplikasi yang berjalan dengan mengecek program tersebut di Task Manager, lalu End Process.

5. Upgrade Hardware

Apabila cara diatas tidak bisa membantu, maka langkah yang sangat ampuh yaitu upgrade hardware pada Laptop atau PC anda. Apabila anda menggunakan Laptop, maka upgrade lah RAM dan juga tambahkan SSD untuk mempercepat proses transfer file dan booting windows, ada banyak sekali kok SSD Murah Berkualitas yang bisa anda dapatkan di marketplace.

Sedangkan, jika anda menggunakan PC. Alangkah baiknya Upgrade RAM, Processor, VGA, untuk memaksimalkan kinerja PC anda, jika anda mempunyai budget lebih anda juga bisa menggunakan SSD.

Demikianlah ulasan saya kali ini seputar Cara Mengatasi Windows 10 Lemot Setelah Update, mudah-mudahan dengan adanya artikel kali ini dapat membantu anda untuk memaksimalkan kinerja Windows 10 serta bisa bermanfaat untuk anda semua, Sekian dan Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Windows 10 Lemot Setelah Update"